Jl. Raden Gunawan, Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35142

Berita Terbaru

Daftar Berita Terbaru Saat Ini

Blog Images

02

Feb

Penanaman 1000 Pohon . . .

Bandar Lampung - Acara Penanaman 1000 Pohon Bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma'ruf Amin secara serentak di kebun PKK Agro Pa . . .

Selengkapnya
Blog Images

12

Jan

Perjanjian Kerjasama Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura P . . .

Bandar Lampung - Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan dengan . . .

Selengkapnya
Blog Images

18

Jan

Agenda BPP Lampung . . .

Bandar Lampung - Hallo Sobat Tani Berikut Agenda Kegiatan Januari 2023 di Balai Pelatihan Pertanian Lampung

. . .

Selengkapnya
Tentang Kami

BALAI PELATIHAN PERTANIAN LAMPUNG


Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) Lampung berdiri pada tahun 1985 dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 2269/KPTS/610/4/1985 tanggal 11 April 1985 dengan nama Proyek Pembinaan Pendidikan dan Latihan Pertanian Lampung berkantor menyatu dengan Balai Informasi  Pertanian (BIP) Tegineneng Lampung Selatan.

Pada tahun 1986 BLPP dibangun dengan anggaran dari Bank Dunia melalui proyek Internasional Bank Recounper Development (IBRP)  BLPP Hajimena Lampung, maka untuk  kegiatan latihan dimulai bulan Agustus tahun 1986. Pada tahun 1987 bangunan fisik maupun sarana latihan telah selesai dibangun dan siap digunakan
Berkenaan dengan  Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah, pada tahun 2001 UPT Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) Hajimena Lampung berubah menjadi UPTD Balai Diklat Pertanian (BDP) Hajimena Lampung, BLPP diserahkan ke Daerah, dengan Surat Keputusan Gubernur  Nomor: 03 tahun 2001 tentang Pembentukan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Provinsi Lampung.


Berdasarkan PP Nomor 41/2007 maka UPTD diatur kembali dengan Pergub Nomor 14/2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja di UPTD pada Dinas Daerah Provinsi Lampung. UPTD Balai Diklat Pertanian Lampung berada di bawah Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung
Pada tahun 2009  UPTD Balai Diklat Pertanian Lampung kembali menjadi UPT Pusat, berubah namanya menjadi Balai Pelatihan Pertanian ( BPP ) Lampung dengan terbinya Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10/Permentan/OT.140/2/2009 tanggal 9 Februari 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelatihan Pertanian Lampung.  BPP Lampung adalah unit pelaksana teknis di bidang pelatihan pertanian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, yang secara teknis di bina oleh Kepala Pusat Pengembangan Pelatihan Pertanian.


BPP Lampung mempunyai tugas melaksanakan pelatihan teknis, fungsional, dan kewirausahaan di bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura dataran rendah bagi aparatur dan non aparatur pertanian dengan wilayah kerja 4 (empat) provinsi yaitu Propinsi Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Bengkulu. Dalam menjalankan tugas bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dan secara teknis dibina oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian .
Berlokasi di Provinsi Lampung dengan julukan Sang Bumi Ruwa Jurai yang berarti Sang Bumi  Rumah Tangga Agung Yang Berbilik-Bilik. Ruwai Jurai  dua unsur golongan masyarakat yang berdiam di wilayah Propinsi Lampung.


Keberadaannya diharapkan mampu mendukung pembangunan pertanian dalam pengembangan agribisnis berbasis komoditas unggulan. Oleh karena itu, peran BALAI PELATIHAN PERTANIAN LAMPUNG dalam meningkatkan SDM  Pertanian merupakan peluang dan tantangan yang perlu diperhitungkan.
BALAI PELATIHAN PERTANIAN LAMPUNG dengan pengalamannya, ditunjang oleh SDM serta sarana dan prasarana serta  lahan praktek  akan mampu  menjadi Balai  Pelatihan Pertanian Lampung sebagai lembaga pelatihan yang profesional.


Peningkatan status Balai membutuhkan peningkatan produktifitas pengelolaan Balai secara lebih profesional, untuk mengakomodir kebutuhan tersebut maka disusun Rancang Bangun Kelembagaan Balai Pelatihan Pertanian  (BPP) Lampung untuk 5 (lima) tahun ke depan mulai tahun 2011 sampai dengan tahun 2015.

“Pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern untuk Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong"

Dalam rangka mendukung Misi dan Arahan Presiden tahun 2020-2024, terutama untuk mendukung percepatan pembangunan pertanian 2020-2024, maka Kementerian Pertanian menetapkan Misi Kementerian Pertanian tahun 2020 – 2024, yaitu :

  • Mewujudkan Ketahanan Pangan
  • Meningkatkan nilai tambah dan daya saing pertanian
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan prasarana Kementerian Pertanian

Tugas

Tugas Pokok Balai Pelatihan Pertanian adalah “melaksanakan pelatihan fungsional bagi aparatur, pelatihan teknis dan profesi, mengembangkan model dan teknik pelatihan fungsional dan teknis di bidang pertanian, peternakan atau kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner  bagi aparatur dan non aparatur pertanian”.

Fungsi

 Fungsi yang dijalankan oleh BPP Lampung meliputi:  

  1. Penyusunan program, rencana kerja, anggaran dan pelaksanaan kerja sama;
  2. Pelaksanaan identifikasi kebutuhan pelatihan;
  3. Pelaksanaan penyusunan bahan standar kompetensi kerja di bidangnya;
  4. Pelaksanaan pelatihan fungsional di bidangnya bagi aparatur;
  5. Pelaksanaan pelatihan teknis di bidangnya bagi aparatur dan non aparatur dalam dan luar negeri;
  6. Pelaksanaan pelatihan profesi di bidangnya bagi aparatur dan non aparatur;
  7. Pelaksanaan uji kompetensi di bidangnya;
  8. Pelaksanaan penyusunan paket pembelajaran dan media pelatihan fungsional dan teknis di bidangnya;
  9. Pelaksanaan pengembangan model dan teknik pelatihan fungsional dan teknis dibidangnya;
  10. Pelaksanaan pengembangan kelembagaan pelatihan pertanian atau petemakan swadaya;
  11. Pelaksanaan pemberian konsultasi di bidangnya; 
  12. Pelaksanaan bimbingan lanjutan pelatihan di bidangnya bagi aparatur dan non aparatur; 
  13. Pelaksanaan pemberian pelayanan penyelenggaraan pelatihan fungsional bagi aparatur, pelatihan teknis dan profesi, pengembangan model dan
    teknik pelatihan fungsional dan teknis di bidangnya bagi aparatur dan non aparatur pertanian; 
  14. Pengelolaan unit inkubator usaha tani;
  15. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelatihan di bidangnya;
  16. Pelaksanaan pengelolaan data dan informasi pelatihan serta pelaporan;
  17. Pelaksanaan pengelolaan sarana teknis;
  18. Pelaksanaan urusan kepegawaian, keuangan, rumah tangga, penataausahaan barang milik negara dan instalasi.

About Images
Tautan

Daftar Tautan di Website

Sistem Whistleblower

Fasilitas untuk melaporkan indikasi tindak pidana korupsi.

Menuju Link

Tautan Website UPT

Tautan Website dari Unit Pelaksana Teknis lingkup BPPSDMP.

Menuju Link

Tautan Luar

Website dari Lembaga Negara terkait.

Menuju Link
Images
Sosmed

Sosial Media