Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

Terdepan Memberi Manfaat, Kementan Lampung Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Images
  • admin
  • 10 months, 2 weeks, 2 days, 9 hours, 18 minutes, 55 seconds ago

Bandar Lampung (08/06/2023) - Kementerian Pertanian melalui Balai Pelatihan Pertanian Lampung, yang merupakan salah satu unit teknis di lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, berkomitmen untuk terus memberikan layanan prima kepada masyarakat di bidang pelatihan pertanian. Hal ini dibuktikan dengan kembali dipertahankannya sertifikat ISO 9001:2015 terkait penerapan Sistem Manajemen Mutu di bidang pelayanan publik pada Rabu, (07/06/2023).
Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa Kementerian Pertanian terus berupaya melakukan perbaikan peningkatan pelayanan sesuai dengan standar manajemen mutu.
“Untuk mencetak Sumber Daya Manusia Pertanian diperlukan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk meneruskan dan mengisi pembangunan pertanian” kata SYL.
Hal ini dipertegas kembali dengan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, bahwa BPPSDMP siap mencetak SDM Pertanian yang unggul melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Peningkatan kualitas SDM Pertanian menjadi kunci keberhasilan pembangunan pertanian. Peningkatan kualitas SDM Pertanian dilakukan melalui Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian.” Tegas Dedi.
Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu sesuai dengan persyaratan International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015. Bapeltan Lampung menerima sertifikat ISO 9001:2015 dari Lembaga Sertifikasi PT Garuda Sertifikasi Indonesia pada tahun 2022 dan tahun ini kembali berhasil mempertahankan pengakuan tersebut.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini merupakan upaya memenuhi harapan bahwa Bapeltan Lampung mampu memberikan pelayanan prima kepada publik. Dimana pelayanan yang diberikan dilakukan secara cepat, tepat, berkualitas, transparan dan secara terus menerus melakukan perbaikan peningkatan pelayanan.
Kepala Bapeltan Lampung, Abdul Roni Angkat menegaskan bahwa Bapeltan Lampung merupakan UPT Kementerian Pertanian yang memberikan pelayanan berupa penyelenggaraan pelatihan pertanian dan semua persyaratan yang dipersyaratkan dalam ISO 9001:2015 telah diterapkan secara menyeluruh.
“Bapeltan Lampung akan terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh stakeholder yang membutuhkan terkait informasi dan pelayanan penyelenggaraan pelatihan khususnya di bidang pertanian. Sesuai dengan moto kami, Bapeltan Lampung Terdepan Memberi Manfaat” demikian Abdul Roni menutup kegiatan Closing Audit yang mendatangkan Auditor PT Garuda Sertifikasi Indonesia langsung dari Bali.