Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362 https://bpplampung.bppsdmp.pertanian.go.id/

Berita Baca

Images

Smart KebunQ Bapeltan Lampung Goes to Merauke

Images
  • admin
  • 1 month, 1 week, 1 day, 20 hours, 29 minutes, 47 seconds ago

Merauke, Papua Selatan – 21 Juli 2024 Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung, Dr. Abdul Roni Angkat, STP., M.Si., bersama Tim Teknis Smart KebunQ, Agung Prasetyo, ST., Fahrizal, dan Yudianto, telah bertolak menuju Merauke, Papua Selatan untuk melaksanakan pemasangan modul Smart KebunQ di Desa Telaga Sari, Kecamatan Kurik, Kabupaten Merauke – Papua Selatan.

Kegiatan ini akan dipamerkan pada kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia di Papua Selatan, yang dijadwalkan pada Kamis 25 juli 2024 mendatang.

Smart KebunQ merupakan inovasi teknologi di bidang pertanian yang diciptakan oleh Balai Pelatihan Pertanian Lampung. Smart KebunQ adalah terobosan baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemeliharaan tanaman, terutama dalam penyiraman.

Smart KebunQ adalah turunan dari teknologi smart farming yang memadukan teknologi irigasi dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT) dalam pemasangan instalasi air. Dengan menggunakan Smart KebunQ, petani tidak perlu lagi melakukan penyiraman secara langsung menggunakan selang atau tangki. Penyiraman dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol di ponsel dan penyiraman dapat dilakukan di mana saja petani berada.

Penggunaan Smart KebunQ ini dapat menghemat biaya operasional tenaga kerja yang dikeluarkan untuk mengupah tenaga penyiraman dan meningkatkan efisiensi penggunaan air, karena Smart KebunQ akan berhenti bekerja apabila kondisi kelembapan media tanam sudah sesuai dengan kebutuhan akar tanaman.

Inovasi ini terus disosialisasikan oleh Kementerian Pertanian dan Bapeltan Lampung guna menjadikan petani Indonesia yang maju dan modern.

Balai Pelatihan Pertanian Lampung – Terdepan Memberi Manfaat!