Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362 https://bpplampung.bppsdmp.pertanian.go.id/

Berita Baca

Images

Rapat Koordinasi di Bapeltan Lampung Ditjen PSP Dukung Penuh PAT di Lampung

Images
  • admin
  • 3 weeks, 4 days, 15 hours, 21 minutes, 29 seconds ago

Lampung Selatan, 22 Agustus 2024 –Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), mengadakan Rapat Koordinasi Optimalisasi Lahan dan Perluasan Areal Tanam (PAT) di Aula Bapeltan Lampung pada hari Selasa, 22 Agustus 2024. Rapat ini bertujuan untuk mempercepat, mengevaluasi, dan merencanakan tindak lanjut peningkatan PAT di Provinsi Lampung.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, Tubagus M. Rifki, SP., M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik kehadiran Dirjen PSP Kementerian Pertanian di Lampung dan mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang telah diberikan, terutama bantuan alat sarana dan prasarana pertanian dalam peningkatan produksi sektor pertanian di Lampung.

Kepala Bapeltan Lampung, Dr. Abdul Roni Angkat, STP., M.Si., dalam laporannya menyampaikan bahwa progres PAT di Provinsi Lampung telah mencapai 72% dari target yang ditetapkan. Beliau optimistis capaian ini akan terus meningkat dengan dukungan dan koordinasi yang baik antar instansi terkait.

Komandan Korem 043 Garuda Hitam yang diwakili oleh KASI TER 043/GATAM, Kolonel Inf. Jaka Sutanta, S.Sos., menyatakan bahwa sinergi antar instansi, termasuk dengan TNI, adalah kunci dalam keberhasilan program-program pertanian. “TNI akan terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas dan perluasan areal tanam demi ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Tenaga Ahli Menteri Bidang Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Mineral, Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc., juga menekankan pentingnya pemanfaatan bantuan alat sarana dan prasarana pertanian dari Kementerian Pertanian yang telah diterima oleh masing-masing kabupaten/kota. sehingga target PAT Provinsi Lampung dapat tercapai dengan baik dan tepat waktu.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Andi Nur Alamsyah, STP, MT., dalam arahannya, sangat mengapresiasi capaian PAT di Provinsi Lampung. Beliau juga berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan PAT di Lampung melalui alokasi sarana dan prasarana pertanian yang memadai. "Kementerian Pertanian akan terus memberikan dukungan optimal untuk memastikan bahwa PAT di Lampung dapat mencapai target yang diharapkan," ujarnya.

Hadir dalam rapat ini Komandan Kodim Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dan kepala dinas pertanian kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Rapat koordinasi ini menjadi momentum penting bagi seluruh pihak terkait untuk memperkuat sinergi dalam mencapai target perluasan areal tanam di Provinsi Lampung. Dengan adanya kolaborasi yang solid, diharapkan sektor pertanian di Provinsi Lampung dapat terus berkembang dan berkontribusi signifikan terhadap ketahanan pangan nasional.

Balai Pelatihan Pertanian Lampung - Terdepan Memberi Manfaat !