Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR FUNGSIONAL BAGI PENYULUH PERTANIAN AHLI DI BALAI PELATIHAN PERTANIAN LAMPUNG

Images
  • admin
  • 6 months, 3 weeks, 4 days, 4 hours, 33 minutes, 28 seconds ago

Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung, Dr. Abdul Rony Angkat, S.T.P., M.Si., secara resmi telah membuka kegiatan Pelatihan Fungsional Dasar Ahli bagi Penyuluh Pertanian pada Selasa, 03 Oktober 2023, di Aula Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung. Kegiatan Pelatihan Fungsional Dasar Ahli bagi Penyuluh Pertanian ini akan dilaksanakan selama 21 hari efektif sejak tanggal 2 sampai dengan 23 Juli 2023. Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Penyuluh Pertanian Utama Pusat Penyuluhan Pertanian Ibu Ir. Yulia Tri Sedyowati, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bapeltan Lampung  Ibu Leli Hartini, STP., Subkoordinator Penyelenggara Pelatihan Bapeltan Lampung Ibu Briliania, SE., MM., Subkoordinator Program dan Evaluasi Bapeltan Lampung Bapak Feri Setyawan, SP., MM., dan Widyaiswara Bapeltan Lampung.

Pelatihan yang diikuti oleh 27 orang ini, diperuntukkan bagi ASN yang diangkat pertama kalinya dalam jabatan fungsional Penyuluh Pertanian pada golongan ruang III/a maupun ASN dari jabatan lain yang akan menduduki jabatan fungsional Penyuluh Pertanian. Peserta berasal dari wilayah kerja Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung, yang terdiri dari 14 orang dari Sumatera Selatan, 9 orang dari Bangka Belitung dan 4 orang dari Lampung sendiri. 

Selama tiga pekan peserta akan melakukan proses pembelajaran secara klasikal maupun praktek kompetensi di lapangan dengan total 168 jam pelajaran. Materi materi yang diberikan antara lain : Kebijakan Pembangunan Pertanian, Kebijakan dan Strategi Penyuluhan Pertanian, Pengembangan Budaya Kerja dan Kode Etik Penyuluh Pertanian, Dasar-dasar Penyuluhan Pertanian, Pendidikan Orang Dewasa, Komunikasi dalam Penyuluhan, Ketenagaan Penyuluhan Pertanian, Identifikasi Potensi Wilayah dan Agroekosistem, Program Penyuluhan Pertanian, Rencana Kerja Tahunan Penyuluh Pertanian, Materi Penyuluhan Pertanian, Media Penyuluhan Pertanian, Metode Penyuluhan Pertanian, Penumbuhan dan Pengembangan kelembagaan  Tani dan Kelembagaan Ekonomi Petani, Pengembangan Profesi, Pengemasan Data dan Informasi Berbasis Internet, Teknik Dinamika Kelompok, Penilaian Angka Kredit Jabatan fungsional Penyuluh Pertanian, Dasar-dasar Kewirausahaan, serta Penyusunan Rencana Implementasi.

Bersama-sama dengan Penyuluh Pertanian Utama Pusat Penyuluhan Pertanian Ibu Ir. Yulia Tri Sedyowati, Kepala Balai Pelatihan Lampung (Bapeltan) Lampung, Dr. Abdul Rony Angkat, S.T.P., M.Si., mengalungkan tanda peserta kepada 3 (tiga) orang perwakilan peserta. Ketiga orang peserta itu ialah Aisyah Ariadna, STP., Dito Aditya, SP., dan Suci Rahmadani, SP.

Setelah penyematan tanda peserta secara simbolis, Kepala Balai Pelatihan Lampung (Bapeltan) Lampung, Dr. Abdul Rony Angkat, S.T.P., M.Si., memberikan materi dengan tema “Government Policy and Support on Smart Farming for Millenials in Indonesia”. Dalam materinya, Government Policy and Support on Smart Farming for Millenials in Indonesia menyatakan bahwa kita harus mengelola mindset kita, bahwa kita tidak dapat merubah pihak eksternal. Tapi yang dapat kita rubah adalah dari internal kita sendiri. 

Setelah itu, dilanjutkan pembawaan materi oleh Penyuluh Pertanian Utama Pusat Penyuluhan Pertanian Ibu Ir. Yulia Tri Sedyowati dengan tema “Kebijakan dan Strategi Penyuluhan Pertanian tahun 2023”. Pada kesempatan itu, Ibu Ir. Yulia Tri Sedyowati menyampaikan tentang, Kebijkana, Strategi dan Alokasi Anggaran Penyuluhan Pertanian tahun 2023, Rencana Kegiatan Anggaran dan Anggaran PHLN (IPDMIP dan SIMURP) Tahun Anggaran 2023, Dukungan pendanaan untuk Daerah Tahun Anggaran 2023, Program Genta Organik, Keragaan Penyuluhan Pertanian Tahun 2023, Penyuluhan Pertanian di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan yang terakhir tentang Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (SIMLUHTAN).