Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

Leafy Bot hasil karya mahasiswa MBKM tayang di Bertani on Cloud volume 239 di Balai Pertanian Lampung

Images
  • admin
  • 5 months, 2 weeks, 20 hours, 49 minutes, 10 seconds ago

Pada kesempatan Boc Volume 239 Kali ini Bapeltan Lampung memperkenalkan alat terbaru yang bernama Leafy Bot hasil karya mahasiswa MBKM institut Pertanian Bogor.

Masih dengan semangat Hari Sumpah Pemuda, Balai Pelatihan Pertanian Lampung bersama pemuda2 milenial dari Mahasiswa MBKM IPB University, UIN Raden Intan Lampung, Politeknik Negeri Lampung dan Universitas Lampung. menghadirkan *BOC Vol. 239* dengan tema:

"Teknologi Deteksi dan Diagnosis Kesehatan Tanaman Untuk Mengurangi Kerugian Hasil Panen"

Teknologi pendeteksi dan diagnosis kesehatan tanaman, teknologi ini kami beri nama "Leavy Bot : Pendeteksi dan diagnosis dini kesehatan tanaman, guna untuk mengurangi kerugian pada hasil panen". Pada proses pembuatan Leafy Bot kami dibimbing langsung oleh Bapak kepala balai pelatihan pertanian Lampung ( Dr. Abdul Roni Angkat S. TP, M. SI).

Sobat tani! Untuk cara kerja dari Leafy Bot ini yaitu Leafy Bot berjalan mengelilingi lahan sambil mengambil gambar tanaman dengan dikontrol langsung menggunakan smartphone. Yapss benar , Sobat tani cukup membawa smartphone ke lahan lalu duduk bisa sambil menikmati kopi sekaligus memantau tanaman. (Berikut merupakan gambar dari Leafy Bot). Gambar tanaman yang terambil akan ditampilkan pada website yang dapat diakses oleh smartphone sobat tani dengan hasil akhir yaitu tanaman sakit atau sehat. Dengan waktu 2 bulan, saat ini Leafy Bot masih dalam tahap pengembangan dengan bentuk prototipe.

Jadi seperti itu sobat tani untuk cara kerja dari Leafy Bot ini, Menarik bukan ? yuk simak keseruan selanjutnya di Balai Pelatihan Pertanian Lampung