Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

Kunjungan Kepala Balai Standardisasi Instrumen Pertanian Lampung ke Balai Pelatihan Pertanian Lampung

Images
  • admin
  • 6 months, 2 weeks, 4 days, 18 hours, 17 minutes, 7 seconds ago

Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung menyambut kedatangan Kepala Balai Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP), Bapak Dr. Rachman Jaya, S.Pi., M.Si., ke Balai Pelatihan Pertanian Lampung dalam rangka silaturahmi.

Selain bersilaturahmi, Kepala Balai Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Lampung juga melakukan benchmarking terhadap Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung sebagai referensi dilaksanakannnya MBKM atau Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Lebih lanjut kebijakan MBKM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Program utama yaitu: kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan perguruan tinggi negeri menjadi PTN berbadan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud berupa 1 semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Tujuan kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, program “hak belajar tiga semester di luar program studi” adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.