Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

Koordinasi dan Sosialisasi Pelaporan Data Optimalisasi Lahan Rawa Pompanisasi dan Perluasan Area Tanam di Kabupaten Pesawaran

Images
  • admin
  • 3 weeks, 4 days, 2 hours, 57 minutes, 24 seconds ago

Pesawaran 20 Maret 2024 - Balai Pelatihan Pertanian Lampung, dalam upaya mendukung kementerian Pertanian terkait progran Optimalisasi Lahan (OPLAH) Rawa, Pompanisasi, dan Perluasan Area Tanam. telah melakukan kegiatan koordinasi dan sosialisasi Pelaporan Data Optimalisasi Lahan (OPLAH) Rawa, Pompanisasi, dan Perluasan Area Tanam di kabupaten Pesawaran, Kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi lokasi lahan persawahan yang akan dilakukan pompanisasi di Desa Way Urang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Dalam kunjungan ini, turut dihadiri pula oleh Ibu Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa, Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Si., Tim Bapeltan Lampung dan rombongan Bersama-sama, berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran, Bapak Sam Herman, SE., MM., serta melakukan diskusi langsung dengan kelompok tani yang ada di lokasi tersebut untuk membahas rencana pompanisasi ke depan.

Tim Bapeltan Lampung yang dipimpin oleh Kepala Balai, Bapak Dr. Abdul Roni Angkat, STP., M.Si., melakukan pemetaan daerah sekitar menggunakan drone guna mengetahui luas lahan yang akan dilakukan optimalisasi pompanisasi. Selain itu,  tim bapeltan Lampung juga melakukan identifikasi potensi perbaikan atau pengembangan lebih lanjut.

Kegiatan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang upaya optimalisasi lahan dan penggunaan teknologi pompanisasi dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Pesawaran. Kerjasama antara Dinas Pertanian dan stakeholder terkait diharapkan menjadi kunci keberhasilan implementasi program OPLAH T.A 2024 oleh kementerian Pertanian.

"Kami berharap melalui kerjasama yang erat antara Kementerian Pertanian, Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Dinas Pertanian, dan kelompok tani, kami dapat mencapai hasil yang optimal dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Pesawaran," ujar Bapak Dr. Abdul Roni Angkat.

Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam implementasi program Optimalisasi Lahan (OPLAH) Rawa, Pompanisasi, dan Perluasan Area Tanam di Kabupaten Pesawaran, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi petani dan kemajuan sektor pertanian di wilayah tersebut.

Bapeltan Lampung “Terdepan Memberi Manfaat”