Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

Ketua Komisi VI DPR SUDIN SE membuka Bimbingan Teknis bagi Petani dan Penyuluh di Lampung Selatan

Images
  • admin
  • 6 months, 1 week, 4 days, 8 hours, 2 minutes, 48 seconds ago

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Petani dan Penyuluh Angkatan XI pada kamis, 12 Oktober di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan Bimbingan Teknis ini secara resmi dibuka oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Bapak Sudin, SE.

Kegiatan bimtek ini juga  dihadiri oleh dan  Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung Dr. Abdul Roni Angkat, S.T.P., M. Si., dan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto.

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Bumi Raya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan ini diikuti oleh 250 orang penyuluh angkatan XI. Bimbingan Teknis ini juga akan berlangsung selama 1 (satu) hari efektif pada tanggal 12 Oktober 2023. Adapun tema yang diangkat pada Bimtek ini adalah “Pengelolaan Lahan Tanaman Pangan Mengurangi Dampak    El Nino”

Penyuluh berperan sebagai pendidik, memberikan pengetahuan atau cara-cara baru dalam budidaya tanaman agar petani lebih terarah dalam usaha taninya.

Penyuluh bertugas untuk menyampaikan pesan dan berinteraksi secara terus menerus dengan khalayak sehingga menghasilkan perubahan perilaku dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penyuluh selalu menumbuhkan dan mengembangkan organisasi kelompok tani maupun gapoktan sesuai dengan ketentuan

 Disitulah peran  Balai Pelatihan Pertanian Lampung. Lewat Bimtek ini diharapkan dapat menambah keilmuan para penyuluh, dan penyuluh dapat memberikan keilmuan yang didapat kepada para petani. Sesuai dengan logo kementan, petani harus Maju, Mandiri Modern.

Mengutip dari Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Prof. Dr. Dedi Nursyamsi, “Pembangunan pertanian bukan hanya tentang benih dan pupuk, tetapi sesungguhnya pembangunan pertanian itu adalah Pembangunan SDM para pelaku pembangunan pertanian”

Hidup Pertanian Indonesia