Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

Kepala Bapeltan Lampung Hadiri acara Standardisasi Perbenihan Tanaman Pertanian Kabupaten Tanggamus bersama Ketua Komisi IV DPR RI

Images
  • admin
  • 6 months, 1 week, 5 days, 9 hours, 13 minutes, 33 seconds ago

Sabtu 14 Oktober 2023, Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung Dr. Abdul Roni Angkat, S.T.P., M. Si., turut menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh BSIP Lampung yaitu  Bimtek Standardisasi Perbenihan Tanaman Pertanian. Bimtek dilaksanakan pada 2 lokasi, yaitu di Pekon Banjar Negoro Kec. Wonosobo dan Lapangan Way Jaha Kec. Pugung.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin SE., turut menghadiri kegiatan ini. Hadir juga Kepala Balai Standardisasi Instrumen Pertanian Rachman Jaya, Asisten II Bidan Ekonomi dan Pemerintahan Kab. Tanggamus, Ketua dan anggota DPRD Kab. Tanggamus, UPT Vertikal Kementerian Pertanian Lampung, Dinas Terkait Lingkup Pertanian Kab. Tanggamus, para petani dan Kelompok Tani Kab. Tanggamus.

Pada Bimbingan Teknis kali ini , Dinas KPTPH Kabupaten Tanggamus menyampaikan materi tentang standar perbenihan pangan (padi). Sedangkan DinasPerkebunandan Peternakan  Kabupaten Tanggamus menyampaikan materi tentang perbenihan tanaman perkebunan (kopi).

Apresiasi  yang tinggi juga disampaikan oleh Kepala BSIP Lampung, Rachman Jaya,  kepada Ketua Komisi IV DPR RI yang telah mempercayakan pelaksanaan kegiatan Bimtek pada beberapa lokasi yang sangat bermanfaat untuk menambah dan meningkatkan ilmu pengetahuan para petani dan penyuluh yang berada di Kabupaten Tanggamus.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE. menghimbau para petani untuk mengikuti asuransi pertanian karena mengingat dampak El Nino sangat besar sekali terhadap penurunan produksi pertanian, dan bahkan ada yang sampai gagal.

Alsintan juga diberikan secara simbolis oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE., sebagai bantuan, dengan harapan dapat digunakan sebaik-baiknya dan bermanfaat.

Kepala Balai Pertanian Lampung Dr Rabdul Roi Angkat, S.T.P ., M.Si., juga menyerahkan secara simbolis alsintan kepada perwakilan poktan.

Alat dan Mesin Pertanian yang selanjutnya disebut Alsintan adalah peralatan yang dioperasikan tanpa atau dengan motor penggerak untuk kegiatan budidaya, pemeliharaan, panen, pasca panen, pengolahan hasil tanaman, peternakan dan kesehatan hewan.

Pemanfaatan alsintan bertujuan untuk memberikan kemudahan serta lebih mengurangi biaya produksi.