Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

Implementasikan Pertanian Presisi, Bapeltan Lampung DIkunjungi IPB

Images
  • admin
  • 1 year, 1 week, 1 day, 1 hour, 16 minutes, 12 seconds ago

Bandar Lampung, (17/03/2023), Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung selaku unit pelaksana teknis Lingkup Kementerian Pertanian yang telah menerapkan pertanian presisi menyambut hangat kunjungan civitas akademi dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa program Doktoral Program Studi Ilmu Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian ini disambut langsung oleh Kepala Bapeltan Lampung dan seluruh jajarannya.

“Tujuannya, kami ingin melihat dan berdiskusi secara langsung terkait implementasi inovasi Teknologi Pertanian Tepat Guna yang ada di Bapeltan lampung.” jelas Sam Herodian, Dekan Fakultas Teknik Pertanian IPB sebagai Ketua rombongan.

Selain itu, Sam Herodian menyampaikan bahwa mahasiwa Doktoral harus dapat meningkatkan kompetensinya untuk menjawab tantangan-tantangan di lapangan saat ini.

Diharapkan juga riset-riset baik yang sudah dilakukan maupun akan dilaksanakan benar-benar related dengan isu-isu yang sedang berkembang di dunia pertanian indonesia serta mudah untuk didesiminasikan oleh para petani di Indonesia.

Kunjungan 11 mahasiswa doktoral ini dipandu langsung oleh Kepala Balai dan Tim Widyaiswara Bapeltan Lampung.

Rombongan dipandu mengamati implementasi lahan praktik di Bapeltan Lampung khususnya yang sudah menerapkan teknologi Low Cost Smartfarming.

Abdul Roni Angkat selaku Kepala Bapeltan Lampung menyampaikan bahwa penerapan teknologi Low Cost Smartfarming di Bapeltan Lampung yang murah dan sederhana sangat mungkin untuk diterapkan di Indonesia.

“Hal ini dapat dilihat dari harganya yang relatif murah, terjangkau oleh masyarakat serta sistem pengoperasiannya yang tidak rumit. Orang awam sekalipin dapat membuat dan menggunakannya” demikian Abdul Roni menjelaskan.

Untuk berita selengkapnya, kalian bisa baca di www.kupastuntas.co dan tonton di Channel YouTube KUPASTV LAMPUNG