Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362 https://bpplampung.bppsdmp.pertanian.go.id/

Berita Baca

Images

Bapeltan Lampung Kembali Panen Alpukat Siger Sai Batu Alpukat Varietas Asli Lampung dengan Prospek Cerah

Images
  • admin
  • 4 months, 1 week, 3 days, 23 hours, 8 minutes, 20 seconds ago

Lampung Selatan, 7 Juni 2024 Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung kembali melaksanakan panen alpukat varietas asli Lampung, yakni alpukat Siger Sai Batu, di lahan praktik Bapeltan Lampung. Kegiatan panen ini dipimpin langsung oleh Kepala Bapeltan Lampung, Dr. Abdul Roni Angkat, S.TP., M.Si, didampingi oleh Ir. Hasan Basri, M.M., dan Bambang Haryanto, S.P., M.Si., Widyaiswara Utama Bapeltan Lampung, serta fungsional widyaiswara lainnya.

Alpukat Siger Sai Batu merupakan varietas alpukat yang unggul dan asli dari Lampung. Dengan perawatan yang baik, setiap pohon alpukat ini dapat menghasilkan 70-80 buah dengan berat masing-masing 500-700 gram. Hal ini menjadikan alpukat Siger Sai Batu sebagai komoditas yang sangat potensial untuk dikembangkan oleh para petani di masa depan.

Dr. Abdul Roni Angkat menyampaikan, "Alpukat Siger Sai Batu ini memiliki prospek yang sangat cerah. Dengan hasil panen yang melimpah dan kualitas buah yang unggul, varietas ini dapat menjadi investasi yang menjanjikan bagi petani. Kami di Bapeltan Lampung terus berupaya untuk mengembangkan dan memperkenalkan varietas ini kepada masyarakat luas."

Selain sebagai komoditas bernilai ekonomi tinggi, alpukat Siger Sai Batu juga bisa menjadi tanaman pekarangan yang diharapkan dapat meningkatkan diversifikasi produk pertanian di Lampung, mendukung ketahanan pangan, dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.

Dr. Abdul Roni Angkat, menambahkan bahwa Bapeltan Lampung berkomitmen untuk terus memberikan bimbingan teknis dan pendampingan kepada para petani dalam budidaya alpukat Siger Sai Batu. "Kami berharap, dengan adanya varietas unggul ini, petani dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya," ujarnya.

Panen alpukat ini merupakan salah satu bentuk nyata dari upaya Bapeltan Lampung dalam mengimplementasikan praktik pertanian yang baik dan inovatif. Dengan hasil panen yang memuaskan, diharapkan semakin banyak petani yang tertarik untuk membudidayakan alpukat Siger Sai Batu, sehingga varietas ini dapat lebih dikenal dan diterima di pasar nasional maupun internasional.

 

Balai Pelatihan Pertanian Lampung – Terdepan Memberi Manfaat !