Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362 https://bpplampung.bppsdmp.pertanian.go.id/

Berita Baca

Images

Bapeltan Lampung Ajak Petani Tingkatkan Kualitas Gabah

Images
  • admin
  • 2 months, 3 weeks, 2 days, 21 hours, 1 minute, 3 seconds ago

Lampung Selatan, 25 Juli 2024 – Bapeltan Lampung kembali sukses menyelenggarakan acara Bertani on Cloud (BOC) Vol. 269 dengan tema "Kiat Optimalkan Kualitas Gabah untuk Kesejahteraan Petani". Acara yang dilangsungkan secara online ini menghadirkan narasumber Ahmad Suryanto, STP., M.Si., Widyaiswara Muda Bapeltan Lampung, dan dimoderatori oleh Tim Kreatif Bapeltan Lampung, Windi Eka Putri, A.Md.

BOC Vol. 269 ini dibuka secara langsung oleh Plt Kepala Badan PPSDMP, Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr., yang dalam sambutannya menyatakan bahwa pentingnya inovasi dan teknologi dalam pertanian untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, serta kesejahteraan petani. Dr. Dedi Nursyamsi juga menyampaikan harapan agar acara ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi para peserta, sehingga mampu mengoptimalkan kualitas gabah yang dihasilkan.

Kepala Bapeltan Lampung, Dr. Abdul Roni Angkat, STP., M.Si., turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Dr. Abdul Roni menekankan pentingnya pemahaman petani mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi mutu gabah, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan sejak tahap perencanaan tanam hingga pasca panen.

Ahmad Suryanto, STP., M.Si., dalam materinya menjelaskan bahwa mutu gabah adalah persoalan penting yang harus menjadi perhatian petani dalam berbudidaya. "Mutu gabah yang baik akan meningkatkan pendapatan petani. Mutu gabah tidak hanya tergantung dari penanganan setelah panen, tetapi juga ditentukan sejak perencanaan tanam," ujarnya. Ahmad menekankan beberapa titik kritis yang perlu diperhatikan, yaitu varietas dan cara penanaman serta pemeliharaannya.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti BOC kali ini karena tema yang sangat relevan dan menarik. Mereka berpartisipasi aktif dalam sesi tanya jawab, menunjukkan minat yang tinggi terhadap cara-cara meningkatkan mutu gabah untuk kesejahteraan petani.

Kedepan, Bapeltan Lampung akan terus menyelenggarakan program-program serupa untuk memberikan manfaat dan pengetahuan yang lebih luas kepada para petani. Hal ini sejalan dengan komitmen Bapeltan Lampung untuk menjadi lembaga pelatihan yang terdepan dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

Balai Pelatihan Pertanian Lampung – Terdepan Memberi Manfaat!