Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362 https://bpplampung.bppsdmp.pertanian.go.id/

Berita Baca

Images

Balai Kementan Lampung Teladani Keikhlasan dengan Berqurban

Images
  • admin
  • 2 months, 2 weeks, 4 days, 3 minutes, 34 seconds ago

Lampung Selatan, (19/6/2024), Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah dengan menyembelih hewan Qurba di Lapangan Praktikum Bapeltan Lampung pada Rabu (19/6/2024).


Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung, Abdul Roni Angkat melalui Kepala Subbagian Tata Usaha, Leli Hartini, melakukan penyembelihan hewan Qurban sebanyak 2 (dua) ekor sapi dan 2 (dua) ekor kambing bersama- sama dengan seluruh karyawan dan karyawati Bapeltan Lampung.


“Penyembelihan hewan Qurban ini merupakan wujud ketaatan dan syukur atas segala nikmat yang sudah Allah berikan, dan juga merupakan wujud pembelajaran atas keikhlasan untuk berbagi dengan sesama” jelas Leli.
Hewan yang diqurbankan mulai pukul 07.00 WIB ini merupakan hewan Qurban milik keluarga besar Bapeltan Lampung yang dikoordinadir oleh Ketua Masjid Baitul Ilmi Bapeltan Lampung yang juga merupakan Widyaiswara Bapeltan Lampung, Ichwanuddin.


“Kegiatan ini Insyaallah selalu rutin kami laksanakan. Setiap tahun kami menyembelih Qurban milik keluarga besar karyawan dan karyawati Bapeltan Lampung” kata Ichwan – panggilan akrabnya.


Hewan yang dijadikan Qurban ini diperoleh melalui survei dan seleksi yang dilakukan oleh Panitia Qurban sehingga diperoleh daging yang halal dan sehat. Daging hewan yang sudah disembelih ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar Bapeltan Lampung. 


Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman berpesan untuk melakukan pengawasan ketat terhadap hewan qurban .
“Kementerian Pertanian melakukan pengawasan dengan menurunkan gugus pengawas agar ternak yang dijadikan hewan Qurban sesuai dengan syarat dan standar yang sudah ditetapkan” jelas Amran.


Sejalan dengan itu, Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi juga menegaskan bahwa BPPSDMP selalu memberikan support untuk mendukung program utama Kementerian Pertanian.


“BPPSDMP selalu emberikan dukungan penuh terhadap program utama kementerian Pertanian salah satunya pemenuhan kebutuhan daging yang sesuai dengan standar dan juga penyembelihannya sesuai dengan syarat yang ditentukan” ujar Dedi.