Jl. Raden Gunawan, Desa Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362

Berita Baca

Images

Balai Kementan Lampung Sambut Gembira Awal Tahun 2024 bersama ROJALI

Images
  • admin
  • 2 months, 4 weeks, 13 hours, 54 minutes, 45 seconds ago

Lampung Selatan, (9/1/2024), Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung menyambut bahagia kelahiran Rojali, pedet (anak sapi) dari ternak milik Bapeltan Lampung. Pedet  ini lahir pada selasa (9/1) dini hari. Kabar kedatangan anggota keluarga baru di lingkungan Bapeltan Lampung ini disambut bahagia oleh seluruh pegawai. Bagaimana tidak, kelahiran anak sapi ini merupakan kelahiran anak sapi pertama setelah sekitar 8 tahun terakhir.


Abdul Roni Angkat selaku kepala Bapeltan Lampung sangat antusias dan gembira melihat pedet ini sudah lincah berjalan kesana kemari yang kemudian diikuti oleh kedatangan pegawai pegawai Bapeltan lainnya.


“Sepakat, kita beri nama Rojali!” ucap Abdul Roni dengan penuh sukacita.


Rojali merupakan nama unik yang merupakan hasil kesapakatan bersama pegawai Bapeltan Lampung. Nama ini didedikasikan kepada Kepala Bapeltan Lampung. Rojali sendiri merupakan singkatan dari ROni, JAnuari, leLI. Roni ada nama panggilan kepala Balai, Januari adalah bulan lahir dan Leli adalah nama Kepala Subbagian Tata Usaha Bapeltan Lampung.


Filosofi nama Rojali  adalah anak sapi yang lahir di bulan Januari pada masa kepemimpinan Abdul Roni Angkat selaku Kepala Balai dan Leli Hartini selaku Kepala Subbagian Tata Usaha.


Rojali merupakan anak dari sapi Bali (Bos javanicus domesticus) yang mana sapi Bali adalah sapi asli dan murni Indonesia yang kini telah tersebar di seluruh Indonesia. Sapi Bali merupakan salah satu kekayaan nasional yang patut dijaga kelestariannya.


Selanjutnya, Rojali akan dipelihara bersama induknya dan sapi lainnya di kandang umbaran sapi Bapeltan Lampung dengan penanggungjawab Widyaiswara Bapeltan Lampung, Sutoyo dan Arif Pranata bersama petugas teknis kandang ternak besar, Wakidi.


Selamat datang Rojali. Terimakasih sudah datang di awal tahun anggaran 2024. Semoga Balai Pelatihan Pertanian Lampung semakin Terdepan Member Manfaat. (Cit/Sft)