Bandar Lampung – Balai Pelatihan Pertanian Lampung dinyatakan berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2015. Sertifikat ISO 9001:2015 adalah jaminan oleh suatu organisasi atau instansi dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu Pelayanan.

“Berdasarkan hasil Audit yang telah dilakukan, dengan ini kami merekomendasikan bahwa, Balai Pelatihan Pertanian Lampung diberikan sertifikat!” demikian pernyataan I Gede Sura Adi Laksana, Lead Auditor dari PT. Garuda Sertifikasi Indonesia, pada Closing Audit, Selasa, (19/04/2022).

Proses audit terhadap penyelenggaraan sistem manajemen mutu ini dilaksanakan di Balai Pelatihan Pertanian Lampung secara daring. Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 18 April kemarin, diikuti oleh seluruh Tim Pengelola Sistem ISO 9001:2015.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Abdul Roni Angkat, dan juga diikuti oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Leli Hartini, Subkoordinator Program da Evaluasi, Feri Setyawan, Subkoordinator Penyelenggaraan Pelatihan, Brilliania, dan Koordinator Widyaiswara merangkap Manajement Representatif, Pradoto Hutomo.

“Terimakasih kepada seluruh Auditor yang melakukan audit kepada kami, Balai Pelatihan Pertanian Lampung. Kami mengharapkan dengan adanya audit terhadap sistem manajemen mutu pelayanan yang telah kami lakukan ini, dapat memberikan masukan demi peningkatan mutu pelayanan.” Demikian Abdul Roni menyampaikan dalam sambutannya.

Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bahwa Kementerian Pertanian terus berupaya untuk meningkatkan kualitas segala lini termasuk mendorong lahirnya inovasi dan pelayanan publik.

“Untuk meningkatkan kinerja serta pelayanan publik, inovasi harus terus dilakukan oleh seluruh UPT di lingkup Kementerian Pertanian!” demikian SYL menyampaikan.

Hal tersebut diperkuat kembali oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi.

“Inovasi menentukan kualitas pelayanan publik. Dan perlu kita pertahankan bahwa seluruh UPT di Lingkup Kementerian Pertanian harus maksimal dalam melaksanakan tugasnya yaitu mengutamakan pelayanan publik” demikian Dedi menegaskan.

Salah satu indikator kinerja pelayanan adalah dengan diberikannya rekomendasi Sertifikat ISO 9001:2015. Dengan adanya sertifikat ini menandakan bahwa suatu organisasi atau instansi telah melaksanakan fungsi manajemen dengan tujuan utama memenuhi persyaratan pelanggan.

“Dengan diperolehnya sertifikat ISO 9001:2015 ini, Alhamdulillah, berarti manajemen pelayanan yang diterapkan di BPP Lampung sudah memenuhi standar pelayanan publik yang dipersyaratkan!” demikian Pradoto Hutomo menutup Closing Audit pada Selasa (19/04/2022).