Ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin, melakukan reses di Kabupaten Tanggamus. Reses kali ini dilakukan Sudin, berkaitan dengan bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani dan penyuluh (Meraup Untung dengan bertanam Alpukat)

Reses dilaksanakan di Rumah Dinas Ketua DPRD Tanggamus, Kotaagung Timur, Jumat (30/4/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Tim Ahli Komisi IV DPR RI Mahesa Tarigan, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung Abdul Roni Angkat dan  Kepala Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian Jekvy Hendra.

Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan, mewakili Ketua Komisi IV DPR, Sudin, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kedatangan Ketua Komisi IV DPR-RI tersebut untuk memberikan edukasi dan pengenalan Alpukat jenis baru Ratu Puan (Siger Sai Sibatu).

“Hal itu dikarenakan pengolahan alpukat pasca panen, sering kali tidak memperhatikan teknis pemetikan dan pengumpulan, sehingga sering kali merusak kualitas alpukat dan berdampak pada penurunan nilai ekonomis.”

“Sementara alpukat di Tanggamus berpotensi untuk dikembangkan, menjadi prioritas tambahan penghasilan untuk mensejahterakan petani kita, oleh karena itu peningkatan mutu melalui program penyuluhan ini, sangat penting sehingga kita mampu bersaing ditingkat nasional,” kata Heri.

Lalu tujuan lainnya, lanjut Heri, kedatangan Ketua Komisi IV DPR, yakni menyerap aspirasi kebutuhan dari para petani yang nantinya akan diajukan melalui proposal masing-masing kelompok.

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung Abdul Roni Angkat, menyampaikan pihaknya mengapresiasi serta mensupport kegiatan bimbingan teknis yang diinisiasi oleh Ketua Komisi IV DPR-RI tersebut. Dimana menurutnya melalui bimtek tersebut persoalan tentang komoditas lokal serta lainnya akan bersama sama dicari jalan keluarnya, terlebih BPP Lampung dalam hal ini dibawah Koordinator dari Kementerian Pertanian harus mendukung secara maksimal setiap kegiatan pertanian

“Mudah mudahan dengan kegiatan bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh ini, kita dapat mewujudkan pertanian maju mandiri  modern,” ujarnya.