Pengembangan kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S) merupakan suatu rangkaian memperkuat kelembagaan pelatihan pertanian swadaya melalui kegiatan apresiasi, sosialisasi, fasilitasi, pendampingan kelembagaan, pelatihan/permagangan, pengkaderan, penyuluhan, pengembangan teknologi tepat guna dan promosi.

Bantuan sarana dan prasarana yang berikan dapat mendorong pengelola P4S untuk meningkatkan kualitas pelatihan/permagangan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan pertumbuhan pertanian harus diikuti oleh SDM yang handal.

“SDM pertanian yang handal dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas petani dan penyuluh yang sebagai ujung tombak kegiatan pertanian,” ujar Mentan Syahrul.

Kepala Badan PPSDMP, Prof. Dedi Nursyamsi bahwa pertanian tidak berhenti walaupun ditengah serangan covid- 19, memberikan spirit tersendiri bagi petani. “Petani, P4S dan Penyuluh terus bekerja untuk menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa rakyat Indonesia. Tentunya dengan mengikuti protokol pencegahan covid- 19 baik dilapangan maupun dimanapun berada,” tegas Dedi.

Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung sebagai pembina dari P4S diwilayah Provinsi Lampung. Tahun 2021 telah melakukan pembinaan dibeberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S.

Pembinaan ini berupa pengembangan untuk pelatihan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dan menerapkan metodologi terhadap pelaku-pelaku usaha atau petani yang berada disekitar wilayah P4S.

Selain pengembangan pelatihan juga diberikan bantuan berupa sarana prasarana yang dibutuhkan oleh P4S. Bantuan sarana prasarana ini diberikan kepada P4S yang telah memenuhi persyaratan dan indikator dari instrumen yang dilaksanakan oleh Bapeltan Lampung.

Pada kesempatan itu, Kepala Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung Dr. Abdul Roni Angkat. S.TP., M.Si yang didampingi Subkoordinator Program dan Evaluasi Feri Setyawan.MM mewakili Kementerian Pertanian menyerahkan bantuan berupa sarana dan prasarana kepada P4S klasifikasi Madya, yaitu Mandiri Sejahtera yang beralamat di Dusun Damai Jaya Desa Wawasan Kec. Tanjung Sari Kab. Lampung Selatan Provinsi Lampung

Bantuan yang diberikan berupa laptop,printer, lemari arsip, kamera, drsl, alat pencacah pakan ternak dan papan tulis “Semoga bantuan ini dapat membantu dan meningkatkan kualitas belajar dan pendampingan petani di P4S Mandiri Sejahtera,” harap Feri.

Suhadi, selaku ketua P4S Sejahtera menyampaikan mengucapkan selamat datang di P4S P4s Mandiri Sejahtera kepada tim Bapeltan Lampung dalam rangka menyerahkan sarana belajar mengajar. “Kami mengharapkan bantuan ini dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di P4S Mandiri Sejahtera. Dan meningkatkan kompetensi petani dan peternak yang belajar di P4S Mandiri Sejahtera, dan kami akan menggunakan bantuan ini dengam sebaik-baiknya,” ungkap Suhadi.

Kegiatan penyerahan bantuan ini di saksikan langsung Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Selatan Bibit Purwanto mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan sarana pendidikan. “Bantuan ini sangat membantu sekali. Kami dari pihak dinas hanya dapat mengucapkan terima kasih. Harapan kami banyak petani yang belajar dan terus meningkat kompetensinya,” kata Bibit Purwanto.