Bandar Lampung – Dalam rangka optimalisasi pelayanan publik terkait pelatihan pertanian, Kementerian Pertanian melalui Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada Rabu (24/3/2021). Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu dukungan Kementerian Pertanian dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Pertanian.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, peningkatan kualitas SDM Pertanian menjadi salah satu fokus Program Kerja Kementerian Pertanian.

“Dengan SDM yang berkualitas, kita akan meningkatkan kualitas pertanian bangsa!” demikian SYL menegaskan.

Senada dengan SYL, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, menyampaikan pentingnya peningkatan SDM bagi Pembangunan suatu negara.

“Jika ingin pertanian maju, majukanlah dahulu kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas bisa melahirkan inovasi inovasi dan terobosan yang dibutuhkan dalam pengembangan pertanian di Indonesia!” demikian Profesor ini menyampaikan.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung, Abdul Roni Angkat, memberikan arahan kepada seluruh Karyawan dan Karyawati Bapeltan Lampung agar mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

“Vaksinasi Covid-19 ini penting! Ke depan, Bapeltan Lampung diberikan kepercayaan untuk melaksanakan pelatihan bagi aparatur dan non aparatur! Jadi, kita semua harus sehat dan semangat! Seluruh karyawan dan karyawati Bapeltan Lampung divaksin supaya sehat dan siap memberikan pelayanan kepada peserta pelatihan!” demikian Abdul Roni menegaskan.

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama antara Kementerian Pertanian dalam hal ini Bapeltan Lampung dengan Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bertujuan untuk membentuk Health Community guna menekan penyebaran covid-19.

Nurhayadi, salah satu petugas tim dari seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, menyampaikan bahwa Pemberian Vaksin CoronaVac merupakan salah satu upaya menekan penyebaran Virus Covid-19.

“Pemberian Vaksin CoronaVac adalah salah satu upaya untuk pertahanan diri dari Virus Covid-19. Jadi, walaupun kita sudah divaksin, kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan” begitu Pepen, sapaan Nurhayadi.

Sebanyak 83 karyawan dan karyawati Bapeltan Lampung telah mengikuti pemberian Vaksin CoronaVac. Vaksinasi diawali dengan penyuntikan vaksin kepada Kepala Bapeltan Lampung. Sambil tersenyum, Abdul Roni menerima suntikan vaksin dan diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Bapeltan Lampung. Vaksinasi ini dilaksanakan di Ruang Kelas Wak Kanan Lima Kebuayan.

Dalam kesempatan ini juga, seluruh karyawan dan karyawati serta petugas Tim Vaksinasi sama- sama berdoa dengan harapan kiranya Pandemik Covid-19 ini bisa menurun dan bisa hilang dengan segera.

“Kami ucapkan terimakasih atas dukungan dari Kementerian Pertanian, atas sambutan juga persiapan yang dilakukan dalam pelaksanaan vaksinasi ini. Semoga pandemik ini segera hilang” demikian Pepen mengakhiri pembicaraannya.

Sumber : https://sigerpertanian.com/berita/detail/optimalkan-pelayanan-publik-asn-kementan-vaksinasi-sinovac