STANDAR PELAYANAN UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN

BALAI PELATIHAN PERTANIAN LAMPUNG

Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) Balai Pelatihan Pertanian Lampung merupakan unit pelaksana teknis (UPT) dilingkungan  Balai Pelatihan Pertanian Lampung  yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.  Dalam  rangka meningkatkan upaya pelayanan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (diklat), Balai Pelatihan Pertanian Lampung  harus menyusun, menetapkan dan  mengimplementasikan StandarPelayanan Publik (SPP) dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa agar memastikan pemberian pelayanan dan tersedianya informasi layanan yang jelas,tegas dan akuntabel.

Pelayanan yang diberikan UPP Balai Pelatihan Pertanian Lampung  berupa pelayanan jasa berupa penyelenggaraan diklat, kerjasama diklat, permagangan dan konsultasi agribisnis.

Dalam memberikan pelayanan, UPP Balai Pelatihan Pertanian Lampung  menerapkan SPP yang meliputi persyaratan administratif dan persyaratan teknis tentang tolok ukur layanan yang diberikan kepada pengguna jasa. SPP wajib mempertimbangkan beberapa hal yaitu jenis pelayanan, bentuk pelayanan, waktu pelayanan, sumber daya manusia (SDM) pelaksana dan sarana pelayanan indikator pencapaian pelayanan.

SPP merupakan ukuran pelayanan dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi pada UPP Balai Pelatihan Pertanian Lampung yang penerapannya tercermin dari indikator pencapaian layanan.

Agar SPP dapat diterapkan dengan optimal, maka standar pelayanan disusun berdasarkan jenis pelayanan yang dapat diukur, dicapai, relevan, tepat waktu dan dapat diandalkan.

JENIS LAYANAN PUBLIK KEMENTERIAN PERTANIAN 
BALAI PELATIHAN PERTANIAN LAMPUNG
1Dasar Hukum: Standar Pelayanan Minimum BPP Lampung Nomor : 214/Kpts /OT.140/I.3.10/01/2020
2Pengawasan Internal: SPI yang dibentuk sesuai dengan SK Kepala Balai Nomor : 202/Kpts-KPA/OT.160/I.03.10/01/2020
3Penanganan Pengaduan, Saran/Masukan
Contact Person(0721) 703570
Alamat: Jl. Raden Gunawan Hajimena, Kotak Pos 8 Unila Bandar Lampung
Telp/Fax (0721) 703570
Website : bpplampung.info
Email : bpplampung@pertanian.go.id
No.Jenis Pelayanan
Bentuk PelayananJenis Layananan/ Pelayanan Waktu PenyelesaianPersyaratanBiaya/TarifSaranaKompetensi & Jumlah SDMIndikator PencapaianJaminan PelayananJaminan K3Evaluasi Kinerja Pelaksanaan
1Jasa Layanan Kerjasama Pelatihan :Pelayanan Teknis :– Hari Senin s.d Kamis– Surat permintaan kerjasama pelatihan yang telah disetujui kepala balaiDisesuaikan dengan PP Tarif Nomor : 48 Tahun 2012 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Pertanian– Sarana/prasarana yang ada di Aula/Ruang kelas, Asrama– Pendidikan SLTP, SLTA, D4, S1, S2 Pelaksana yang ditugaskan disesuaikan dengan kompetensinyaTerlaksananya kegiatan kerjasama pelatihan sesuai dengan harapan– Penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkanSarana dan Prasarana yang memenuhi standar– IKM (Monitoring kuisioner),
– Pelatihan Teknis dan Fungsional di bidang pertanian bagi aparatur pertanianLangsung pada konsumen dalam bentuk: Penyediaan Ruangan/ruang kelas, asrama, konsumsi, lahan prkatek dan penyediaan tenaga SDM– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
– Jam 13.15 s.d 15.30 WIB– Evaluasi penyelenggaraan diklat
– Pelatihan Teknis dan Kewirausahaan di bidang pertanian bagi non aparatur pertanian– Hari Jum’at
– Jam 09.00 s.d 11.30 WIB– Menandatangani surat perjanjian kerjasama– Sarana/prasarana yang ada di Lab Pengolahan Hasil Pertanian
– Jam 13.15 s.d 16.00 WIB– SDM yang dibutuhkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan pelanggan
– Hari Sabtu dan Minggu– 4 orang terdiri dari Pejabat Struktural
– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
– Waktu Pelayanan diskusi 1 Jam sejak diterimanya calon pemohon– Sarana/prasarana yang ada di Lahan Praktek
– Waktu pelaksanaan sesuai dengan perjanjian
2
Jasa Penggunaan Aset Balai :Pelayanan langsung pada konsumen (user) dalam bentuk penggunaan Sarana dan Prasarana Balai (Mess, Asrama, Aula dan Ruang Kelas)– Hari Senin s.d Kamis– Surat permintaan penyewaan sarana dan prasaranaDisesuaikan dengan PP Tarif Nomor : 48 Tahun 2012 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Pertanian– Sarana/prasarana yang ada di Aula/Ruang kelas– Pendidikan SLTP, SLTA, D4, S1, S2 Pelaksana yang ditugaskan disesuaikan dengan kompetensinyaTerlaksananya kegiatan pengunaan sarana dan prasarana Balai sesuai dengan harapan– Penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkanPrasarana yang memenuhi standarIKM (Monitoring kuisioner), Peningkatan permintaan dan DP3
– Sewa Sarana dan Prasarana Balai (Mess, Asrama, Aula dan Ruang Kelas)– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
– Jam 13.15 s.d 15.30 WIB
– Hari Jum’at– SDM yang dibutuhkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan pelanggan
– Jam 09.00 s.d 11.30 WIB– Menandatangani surat perjanjian sewa menyewa– Sarana/prasarana yang ada di Mess dan Asrama
– Jam 13.15 s.d 16.00 WIB
– Hari Sabtu dan Minggu
– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
– Waktu Pelayanan diskusi 1 Jam sejak diterimanya calon pemohon
– Waktu pelaksanaan sesuai dengan perjanjian
3
Jasa Ketenagaan Narasumber dan Fasilitator (Widyaiswara)Pelayanan langsung pada konsumen (user) dalam bentuk– Hari Senin s.d Kamis– Surat permintaan yang telah disetujuiDisesuaikan dengan dana yang dialokasikan– Modul– S1 dan S2 (Pelaksana yang ditugaskan dengan kompetensinya)Terlaksananya kegiatan sesuai dengan kompetensi tenaga fasilitator/Widyiswara yang dibutuhkan penggunaSDM yang ditugaskan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan penggunaSDM yang kompeten dibidangnyaIKM (Monitoring kuisioner), Peningkatan permintaan dan DP3
– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB– Bahan Ajar
– Jam 13.15 s.d 15.30 WIB– Hand Out
– Penyampaian Materi– Hari Jum’at– ATK
– Bimbingan Praktek Lapang– Jam 09.00 s.d 11.30 WIB– Laptop
– Penilaian– Jam 13.15 s.d 16.00 WIB
– Pemagangan– Hari Sabtu dan Minggu
– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
– Waktu Pelayanan diskusi 1 Jam sejak diterimanya calon pemohon
– Waktu pelaksanaan sesuai dengan perjanjian
4
Pelayanan Jasa Penyelenggaraan Pendidikan, Pelatihan, Pendampingan Pasca Diklat dan Konsultasi Agribisnis


Pelayanan Teknis :– Hari Senin s.d Kamis– Surat permintaan kerjasama pelatihan yang telah disetujui kepala balaiDisesuaikan dengan dana yang dialokasikan– Sarana/prasarana yang ada di Aula/Ruang kelas, Asrama– Pendidikan SLTP, SLTA, D4, S1, S2 Pelaksana yang ditugaskan disesuaikan dengan kompetensinyaTerlaksananya kegiatan kerjasama pelatihan sesuai dengan harapan– Penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkanSarana dan Prasarana yang memenuhi standar– IKM (Monitoring kuisioner),
Langsung pada konsumen dalam bentuk: Pelayanan Jasa Penyelenggaraan Pendidikan, Pelatihan, Pendampingan Pasca Diklat dan Konsultasi Agribisnis– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
– Jam 13.15 s.d 15.30 WIB– Evaluasi penyelenggaraan diklat
– Hari Jum’at
– Jam 09.00 s.d 11.30 WIB– Sarana/prasarana yang ada di Lab Pengolahan Hasil Pertanian
– Jam 13.15 s.d 16.00 WIB– SDM yang dibutuhkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan pelanggan
– Hari Sabtu dan Minggu– 4 orang terdiri dari Pejabat Struktural
– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
– Waktu Pelayanan diskusi 1 Jam sejak diterimanya calon pemohon– Sarana/prasarana yang ada di Lahan Praktek
– Waktu pelaksanaan sesuai dengan perjanjian
5Pelayanan Jasa Agro Inovasi BPP Lampung terdiri dari :Pelayanan Teknis :– Hari Senin s.d Kamis– Surat permintaan kerjasama pelatihan yang telah disetujui kepala balaiDisesuaikan dengan dana yang dialokasikan– Sarana/prasarana yang ada di Aula/Ruang kelas, Asrama– Pendidikan SLTP, SLTA, D4, S1, S2 Pelaksana yang ditugaskan disesuaikan dengan kompetensinyaTerlaksananya kegiatan kerjasama pelatihan sesuai dengan harapan– Penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkanSarana dan Prasarana yang memenuhi standar– IKM (Monitoring kuisioner),
– Agro bisnis Ubi kayu dan pengolahanLangsung pada konsumen dalam bentuk: Pelayanan Jasa Penyelenggaraan Pendidikan, Pelatihan, Pendampingan Pasca Diklat dan Konsultasi Agribisnis– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
-Agro bisnis Jamur Tiram– Jam 13.15 s.d 15.30 WIB– Evaluasi penyelenggaraan diklat
-Agro Bisnin sayuran dataran redah– Hari Jum’at
– Agro bisnis Tanaman pangan dan Holtikultura dataran rendah– Jam 09.00 s.d 11.30 WIB– Sarana/prasarana yang ada di Lab Pengolahan Hasil Pertanian– SDM yang dibutuhkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan pelanggan
– Teknik budidata kopi dan Kakao– Jam 13.15 s.d 16.00 WIB– 4 orang terdiri dari Pejabat Struktural
– Hari Sabtu dan Minggu
– Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
– Waktu Pelayanan diskusi 1 Jam sejak diterimanya calon pemohon– Sarana/prasarana yang ada di Lahan Praktek
– Waktu pelaksanaan sesuai dengan perjanjian

LAPORAN PUBLIK HEARING TAHUN 2018 (KLIK DOWNLOAD)

UNDANGAN PELAKSANAAN PUBLIK HEARING (KLIK DOWNLOAD)

DOKUMEN I : STANDAR PELAYAN PUBLIK (KLIK DOWNLOAD)

DOKUMEN II :

  • JASA LAYANAN KERJASAMA PELATIHAN (KLIK DOWNLOAD
  • JASA PENGGUNAAN ASET BALAI (KLIK DOWNLOAD)  
  • JASA KETENAGAAN NARASUMBER DAN FASILITATOR (WIDYAISWARA)  (KLIK DOWNLOAD)   
  • PELAYANAN JASA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN, PELATIHAN, PENDAMPINGAN PASCA DIKLAT DAN KONSULTASI AGRIBISNIS   (KLIK DOWNLOAD)    
  • PELAYANAN JASA AGRO INOVASI  (KLIK DOWNLOAD)     

JENIS PELAYANAN BPP LAMPUNG KLIK