30 Mekanik Alsintan Ikuti Bimtek

Pelaksanaan Bimtek Alsintan untuk mendukung optimalisasi  pemanfaatan alsintan yang diselenggarakan selama 1 (satu) hari, yang dihadiri oleh dari 5 Kabupaten/kota se Provinsi Lampung diantaranya Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran dan Way Kanan dibuka langung oleh Dr. Ir. Widi Hardjono, MSC Kepala Pusat Pelatihan Pertanian di Balai Pelatihan Pertanian Lampung (kamis, 11 Oktober 2018.

Guna mendukung program Kementerian Pertanian dalam Optimalisasi Pemanpaatan Alsintan, maka Kepala Pusat Pelatihan Pertanian mengadakan Bimbingan Teknis selama satu hari kepada pengguna atau mekanik yang menggunakan Alat Mesin Pertanian agar mesin pertanian optimal.

Dalam Bimtek tersebut diharapkan peserta paham akan kendala-kendala yang terjadi pada alat mesin pertanian, sehingganya dengan pelaknaan bimtek ini Alsintan dapat dirawat dengan baik, dipergunakan dengan yang benar dan tepat. Yang paling utama adalah Sumber Daya Manusia yang mengelola perlunya ditingkatkan kompetensi, Ujar Kepala Pusat Pelatihan atau PI Opsin Provinsi Lampung.

Beliau menambahkan bahwa jika alat mesin pertanian tersebut dirawat dengan baik maka umur teknis pada mesin semakin panjang, sehingganya kinerja atau pemanfaatan alsintan tersebut tepat guna sesuai yang diharapkan Kementerian Pertanian.

Pelaksanaan bimtek sendiri, ‘dihadiri oleh narasumber yang berasal dari Yanmar Co., Ltd  merupakan mitra petani dalam mendukung sarana pertanian. Dalam hal ini, Mekanik Yanmar akan alangsung membedah ‘jeroan’ yang ada pada Alat Mesin Pertanian. Kepala Pusat Pelatihan menambahkan bahwa diharapkan peserta pelatihan bimtek adapat aktif dalam kegiatan bimtek ini, kendala-kendala yang ada di lapangan dapat diinformasikan sehingganya selepas kegiatan bimtek berlangsung mendapatkan informasi dalam mendukung optimalisasi penggunaan mesin pertanian.

Kepada peserta pelatian diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pemanfaatan mesin bukan hanya dilahan sendiri melainkan dapat membatu dan mengoptimalkan lahan tetangganya sehingganya target pertanian yang telah ditargetkan oleh Kementrian Pertanian dapat tercapai.

"Dengan diselenggarakannya Bimtek kepada mekanik yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian cukup tepat sasaran, karena selama ini beliau tidak mengerti akan kendala pada alat mesin pertanian Traktor Roda 4 yang telah diterimanya mengalami kendala pada mesin, Traktor yang didapatnya pada tahun 2015 ini mengalami kendala pada mesin. Pada saat ini dia paham bahwa Traktor yang dimilikikinya gembos dan dengan kegiatan ini beliau mengenal sperpak yang ada pada mesin tersebut", Rahmat (adr)

Tonton VIDEONYA